Prinsip pengembangan Kurikulum SMA Pradita Dirgantara sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) meliputi :

  1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya pada masa kini dan yang akan datang.
    Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan pada masa kini dan yang akan datang. Memiliki posisi sentral berarti bahwa kegiatan pembelajaran harus berpusat pada peserta didik.
    Implementasi yang dilakukan SMA Pradita Dirgantara melalui pengembangan kurikulum sesuai dengan peraturan yang ada dan tuntutan lingkungan masa kini dan akan datang. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) diupayakan untuk mengembangkan potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas diusahakan berpusat siswa. Pembelajaran di kelas berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
  2. Belajar sepanjang hayat
    Kurikulum diarahkan pada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan kemampuan peserta didik untuk belajar sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, nonformal, dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya.
    Implementasi yang dilakukan SMA Pradita Dirgantara melalui pengupayaan alumni peserta didik SMA Pradita Dirgantara untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri. Wali kelas dan guru bimbingan konseling selalu mendorong peserta didik untuk terutama yang kelas XII untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang di atasnya yakni Perguruan Tinggi atau Akademi.
  3. Menyeluruh dan berkesinambungan
    Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antarjenjang pendidikan.
    Pendidikan adalah hal yang mendasar untuk mencapai tujuan berkelanjutan. Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PUPB) diharapkan dapat membantu perubahan sikap dan perilaku lulusan baik sebagai individu, profesional, atau konsumen, produsen, dan masyarakat pada umumnya untuk melakukan tanggung jawab dan tugas-tugas kolektifnya. Kurikulum SMA Pradita Dirgantara ini menekankan pada subjek peran pendidikan menengah dalam menghasilkan professional yang dapat memimpin perubahan ke arah masa depan yang lebih berkelanjutan.
    Implementasi yang dilakukan SMA Pradita Dirgantara melalui pembuatan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang melakukan pembelajaran dan penilaian secara menyeluruh baik penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap sosial serta sikap spiritual. Penilaian ini menyeluruh ini dilakukan di kelas maupun di luar kelas. Keterampilan juga menjadi bagian dari pembelajaran di kelas melalui kegiatan praktikum dan kegiatan yang berrsifat kegiatan keterampilan. KTSP juga bersifat menyeluruh dan berkesinambungan antar mata pelajaran. Mata pelajaran kelas X dikaitkan dengan materi kelas XI dan XII. Mata pelajaran yang satu dikaitkan dengan mata pelajaran lain, termasuk mata pelajaran dikaitkan dengan pendidikan berkarakter juga kewirausahaan.

Leave a reply "Prinsip Pengembangan"

Your email address will not be published.

Rating*