Kegiatan Siswa Berkebun di SMA Pradita Dirgantara sebagai Upaya Memperkuat Konsep SMA Pradita Dirgantara sebagai Sekolah Hijau (Green School)

Seluruh siswa baru SMA Pradita Dirgantara yang berjumlah 150 orang sudah selama 10 hari menginap di lingkungan asrama SMA Pradita Dirgantara terhitung sejak tanggal 4 Juli 2018. Berbagai macam kegiatan yang menguras banyak energi seperti Soft Opening, Grand Opening maupun Weeks of Welcome sudah dijalani oleh para siswa baru tersebut. Setelah 3 acara tersebut terlaksana dengan baik, pada hari Sabtu, 14 Juli 2014 para siswa SMA Pradita Dirgantara melakukan kegiatan berkebun. Kegiatan ini dipandu oleh Bapak Opik Prasetyo, S.Pd. selaku Guru Biologi di SMA Pradita Dirgantara.

Siswa SMA Pradita Dirgantara terlihat sangat antusias dalam kegiatan berkebun ini karena hal ini merupakan pengalaman baru bagi mereka yang berasal dari daerah perkotaan. Mereka mengaku belum pernah melakukan kegiatan berkebun sebelumnya karena minimnya lahan untuk berkebun di daerah asalnya. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan positif siswa yang diagendakan akan dilaksanakan rutin setiap 2 minggu sekali.

Seluruh siswa SMA Pradita Dirgantara baik siswa putra maupun putri ikut terjun langsung dalam kegiatan berkebun di kebun organik SMA Pradita Dirgantara. Kebun Organik SMA Pradita Dirgantara merupakan implementasi dari konsep “ green school ” yang telah dicanangkan oleh pihak sekolah. Kebun organik ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang digunakan untuk menumbuh-kembangkan wawasan dan keterampilan siswa dalam bidang biologi, budidaya tanaman, dan pemeliharaan hewan ternak. Selain menambah ilmu, aktivitas berkebun yang dilakukan secara berkala juga diharapkan mampu menghadirkan kesenangan tersendiri bagi siswa. Dalam aktivitas berkebun, siswa belajar bagaimana cara penyiapan lahan untuk bercocok tanam, penyediaan bibit, proses bercocok tanam dan perawatan tanaman, pemanenan, dan pengolahan lahan pasca panen, serta cara merawat hewan ternak.