Pagi ini sebelum Trip Observation seluruh siswa SMA PRADITA DIRGANTARA melakukan aktivitas berkebun, ada yang berbeda pada kegiatan berkebun kali ini, yaitu siswa sudah bisa memanen hasil kebun yang sudah ditanam sebelumnya, selain sebagai pelepas penat, ternyata berkebun dapat memberikan manfaat berupa kesehatan fisik dan mental, apa saja manfaatnya?

1. Menurunkan berat badan
Dengan berkebun, tubuh Anda akan bergerak sehingga dapat membakar kalori tubuh.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung
Meski bukan tergolong aktivitas kardio, berkebun juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan penelitian dalam the British Journal of Sports Medicine, berkebun dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 30 persen.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh
Berkebun memang akan membuat tangan Anda kotor. Namun, bakteri yang terdapat di dalam tanah justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

4. Menjaga kesehatan otak
Berkebun bukan hanya baik untuk fisik, tetapi juga untuk kesehatan otak. Penelitian yang ada dalam Journal of Alzheimer’s Disease, mengatakan bahwa berkebun dapat melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, dan menurunkan risiko alzheimer hingga 50 persen.

5. Meningkatkan koordinasi dan kekuatan tangan
Kekuatan tangan, fleksibilitas, dan koordinasi, merupakan hal yang penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Berkebun merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan tersebut.
(sumber : hellosehat.com)