Boyolali (22/8/2018) Siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara menyelenggarakan rangkaiaan kegiatan peringatan Hari Raya Idul Adha 1439H. Proses Pendidikan tidak hanya fokus pada ranah pengetahuan saja, perlu juga diimbangi dengan aspek karakter. Karena manusia seutuhnya adalah manusia yang cerdas secara intelektual dan spiritual. Pendidikan karakter bisa dilaksanakan dalam bentuk yang bervariasi. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan peringatan hari besar Islam. Aspek spiritual sangat berkaitan erat dengan pendidikan karakter, karena didalamnya banyak nilai-nilai yang berkaitan dengan akhlaq.

Rohaniawan Islam (ROHIS) bersama civitas akademik mengadakan kegiatan peringatan hari raya Idul Adha sebagai upaya syiar ajaran Islam dan menghidupkan sunah rasul yang dicontohkan oleh nabi Ibrahim, AS. Kegiatan ini tentu bertujuan agar generasi pemuda yang tidak hanya cerdas tetapi juga beriman dan mempunyai sikap spiritual yang baik.

Serangkaian kegiatan peringatan hari raya idul adha meliputi : takbir keliling, renungan (muhasabah), salat Id berjamaah, pemotongan hewan qurban, dan pendistribusian daging qurban.

  1. Takbir keliling

Di hari raya Idul Adha, umat Islam dianjurkan untuk banyak memuji dan mengagungkan nama Allah SWT. Dengan penuh rasa suka cita dan kegembiaraan seluruh siswa, guru-guru, dan pimpinan sekolah  sangat antusias mengikuti takbir keliling yang dilaksanakan pada hari selasa ba’da isya (malam idul adha). Dengan menggunakan alat dan perlengkapan yang sederhana pasukan takbir keliling SMA Pradita Dirgantara mengelilingi kompleks sekolah dan asrama kemudian dilanjutkan melewati jalan raya kawasan bandara Adi Sumarmo. Ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka syiar (menyebar luaskan) Islam di tengah masyarakat.

  1. Renungan (Muhasabah)

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Banyak orang yang melakukan kesalahan dan tidak sadar akan hal tersebut. Begitu juga siswa, di usia yang masih belia (remaja) siswa masih sering melakukan hal-hal yang baru bagi mereka. Mereka juga tidak sadar dan tau akan hal yang sudah dilakukan tersebut baik atau buruk. Muhasabah (renungan) sebagai upaya untuk siswa agar mereka introspeksi diri akan hal-hal yang sudah dilakukan selama masa hidupnya. Masih banyak hal-hal yang perlu diperbaiki lagi dalam diri siswa terutama pada aspek perilaku terhadap lingkungannya dimana mereka berada. Muhasabah juga bertujuan agar sikap spiritual siswa mengalami peningkatan dengan selalu mendekatkan diri dengan Allah swt.

  1. Salat Idul Adha

Salah satu ibadah sunah yang dilakukan ketika hari raya adalah salat Id. Secara berjamaah seluruh siswa, warga sekolah dan juga masyarakat umum melaksanakan ibadah salat Id di masjid. Pelaksanaan salat secara berjamaah melatih siswa untuk memperkuat persatuan, kekompakkan, dan juga kebersamaan antar manusia satu dengan lainnya. Sholat Idul Adha diselenggarakan pada hari Rabu, 22 Agustus 2018, dengan Imam dan Khotib: Dr. Rustam Ibrahim, M.Si.

  1. Pemotongan hewan qurban

Setelah kegiatan sholat Idul Adha, dilanjutkan dengan kegiatan pemotongan hewan qurban. Alhamdulillah SMA Pradita Dirgantara tahun ini mendapat hewan qurban sapi sebanyak 3 ekor dan kambing sebanyak 5 ekor. Semua siswa terlibat secara langsung prosesi pemotongan hewan qurban agar siswa belajar tentang arti qurban yang dicontohkan oleh nabi Ibrahim, AS dan nabi Ismail, AS. Siswa juga bias belajar dalam hal kehidupan social. Sebagai perintah agama, qurban merupakan ibadah yang perlu dilestarikan di masyarakat agar sikap kepedulian masyarakat yang mampu terhadap masyarakat yang kurang mampu dapat terjalin dengan baik.

  1. Pendistribusian daging qurban

Siswa secara langsung menyerahkan daging qurban kepada masyarakat yang berhak menerimanya sebagai upaya penanaman rasa empati, simpati, dan juga kepedulian terhadap sesama.

Kegiatan perayaan Idul Adha dan qurban di SMA Pradita dirgantara dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dari berbagai pihak seperti: Yayasan Ardhya Garini, Lanud Adi Sumarmo, dan para orang tua siswa yang membersamai hingga sampai akhir acara.