Direktorat Pengembangan SMA Pradita Dirgantara membuka kesempatan kepada seluruh warga Indonesia baik pria maupun wanita yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi Tenaga Pendidik di SMA Pradita Dirgantara. Persyaratan administrasi calon Tenaga Pendidik SMA Pradita Dirgantara Tahun 2020 adalah sebagai berikut:

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia Kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
  4. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

Persyaratan Khusus

  1. Pria/Wanita usia maksimal 30 tahun.
  2. Minimal tingkat pendidikan S1, Dengan IPK min. 3.5 (PTN) dan min 3.75 (PTS) berasal dari program studi yang relevan, memiliki pengalaman mengajar minimal 3 tahun atau telah mengikuti PPG.
  3. Bahasa Inggris aktif dan TOEFL min 500 atau IELTS min 5.5.
  4. Lulus tes kesehatan.
  5. Lulus TPA
  6. Lulus tes Kompetensi Bidang.
  7. Lulus tes Psikologi.
  8. Lulus tes Wawancara dan Micro Teaching.
  9. Diutamakan memiliki sertifikat/penghargaan tingkat nasional sebagai keterampilan tambahan selain mengajar, seperti Olahraga, Seni Budaya, Pramuka, Prakarya, Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), Kepemimpinan, dll.

Persyaratan Tambahan

  1. Mampu menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis serta mampu memahami bakat, minat, dan kebutuhan belajar anak didik.
  2. Mempunyai komitmen yang tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  3. Mampu memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.
  4. Bagi yang sudah bekerja harus mendapatkan persetujuan/ijin resmi dari kepala instansi yang bersangkutan dan bersedia mengundurkan diri apabila diterima di SMA Pradita Dirgantara.
  5. Harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian masuk.

Materi Seleksi

Terpenuhinya kebutuhan Tenaga Pendidik SMA Pradita Dirgantara Tahun 2020 sesuai standar pemeriksaan/pengujian yang meliputi aspek :

  1. Administrasi
  2. Psikologi
  3. Kesehatan Umum dan Jiwa.
  4. Tes Potensi Akdemik.
  5. Tes Kompetensi Bidang.
  6. Wawancara
  7. Micro Teaching.
  8. Tes Mental Ideologi.

Jadwal Seleksi

  1. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 10 Februari 2020 sampai dengan 15 Maret 2020.
  2. Pengumuman peserta seleksi dengan kualifikasi terbaik akan diumumkan pada minggu kedua Maret.
  3. Seleksi dilaksanakan pada minggu ketiga Maret di SMA Pradita Dirgantara.
  4. Pengumuman kelulusan pada minggu kedua April 2020.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Pelamar mengirimkan surat lamaran beserta fotokopi berkas persyaratan ke alamat: SMA Pradita Dirgantara, Jln Cendrawasih No.4, Ngesrep, Ngemplak, Boyolali, Jwa Tengah, 57375.
  2. Panitia melaksanakan seleksi administrasi untuk menentukan peserta dengan kualifikasi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan akan dipanggil untuk seleksi di SMA Pradita Dirgantara.

Syarat Pendaftaran

Berkas persyaratan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

  1. Surat lamaran pekerjaan ditulis bermaterai.
  2. Pria/Wanita usia maksimal 30 tahun dibuktikan dengan Fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan Akte Lahir.
  3. Fotokopi Ijazah pendidikan yang dilegalisir dilengkapi transkip nilai. Minimal tingkat pendidikan S1 dengan IPK min. 3.5 (PTN) min. 3.75 (PTS) berasal dari program studi yang relevan.
  4. Surat keterangan telah mengikuti PPG, surat pengalaman mengajar minimal 3 tahun.
  5. Fotokopi Ijazah pendidikan terakhir yang dilegalisir dilengkapi transkip nilai. Minimal tingkat pendidikan S1 semua jurusan dengan IPK min. 3.5 (bagi pelamar Staf Direktorat)
  6. Sertifikat Akreditasi Jurusan.
  7. Fotokopi sertifikat pendidik (Bila ada lebih diutamakan).
  8. Daftar Riwayat Hidup.
  9. Foto berwarna ukuran 4×6 sejumlah 2 lembar.
  10. Sertifikat TOEFL min 500 atau IELTS min 5,5
  11. Surat keterangan sehat dari RSUD.
  12. Fotokopi sertifikat/penghargaan di bidang lain.
  13. Fotokopi SKCK yang dilegalisir dan masih aktif.

Masing-masing berkas rangkap 3 kemudian di masukkan kedalam amplop warna coklat dengan diberi keterangan nama, no telpon, email dan formasi yang dilamar.

Formasi yang dibuka

  1. Guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (wanita)
  2. Guru Agama Kristen
  3. Guru PPKN
  4. Guru Sejarah Indonesia
  5. Guru Bahasa Jerman
  6. Guru Bahasa Indonesia
  7. Guru Bahasa Inggris
  8. Guru Matematika
  9. Guru Biologi
  10. Guru Kimia
  11. Guru Fisika
  12. Guru Teknologi Informasi
  13. Guru Bahasa Jawa
  14. Guru Seni
  15. Guru Penjasorkes (wanita)
  16. Guru Prakarya dan Kewirausahaan

Ketentuan Lain-lain

  1. Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan yang telah ditetapkan.
  2. Lamaran yang dikirim diluar ketentuan ini dianggap tidak sah, berkas lamaran menjadi milik panitia seleksi.
  3. Bagi pelamar yang terbukti memberikan keterangan atau dokumen palsu atau pernyataan yang tidak memenuhi persyaratan yang baru diketahui dikemudian hari panitia akan membatalkan hasil seleksi peserta yang bersangkutan.
  4. Panitia seleksi tidak melayani komunikasi dengan pelamar dalam bentuk apapun. Pelamar diharapkan selalu memantau setiap perkembangan informasi yang diumumkan via website http://sma.pradita dirgantara.sch.id/