Surakarta –SMA Pradita Dirgantara menggelar Upacara Hari kemerdekaan RI yang ke 75 secara luring dan daring pada hari senin, 17 Agustus 2020. Upacara dipimpin langsung oleh Direktur Pengembangan sekolah SMA Pradita Dirgantara Bapak Dwi Agus yulianto, Ph.D sebagai pembina upacara. Upacara hari kemerdekaan kali ini berlangsung berbeda dengan upacara kemerdekaan pada tahun-tahun yang lalu. Selain dilaksanakan di dalam ruangan auditorium, upacara kali ini juga dilakukan secara daring. Meski dilakukan secara luring, tetapi upacara dalam situasi pandemi covid 19 ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan terlebih dahulu, memakai masker dan menjaga physical distancing. Seluruh Sivitas akademika SMA Pradita Dirgantara mengikuti upacara hari kemerdekaan kali ini dengan khidmad baik yang mengikuti langsung maupun yang mengikuti secara online via zoom.

Teks proklamasi dibacakan oleh oleh bapak Dwi Agus yulianto, Ph.D selaku Pembina upacara. Bapak Dwi Agus yulianto juga menyampaikan amanatnya tentang makna kemerdekaan di era sekarang. Beliau mengatakan bahwa yang dimaksud dengan merdeka di era sekarang adalah ketika pendidikan di negeri ini telah menjangkau seluruh pelosok negeri, tidak hanya soal akses tapi juga soal kualitas dan kontinuitas. “Kemerdekaan itu adalah ketika setiap orang di negeri ini bisa hidup layak tercukupi kebutuhan untuk hidupnya dengan keberkahan yang baik dan halal” lanjut bapak dwi dalam sambutan amanahnya. Selain itu bapak Dwi Agus yulianto juga menekankan tentang keberagaman dimana di alam merdeka ini semestinya setiap warga negara bisa dan bersedia saling menghargai dan menghormati satu sama lain terlepas siapa mereka dan latar belakangnya. Merdeka adalah sebuah keindahan tentang keberagaman dalam kesatuan.

Hal yang menarik dari upacara kemerdekan kali ini adalah seluruh sivitas akademika memakai  beragam pakaian adat dari berbagai daerah yang menggambarkan kekayaan budaya negara Indonesia. Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, upacara berlangsung dengan sangat meriah lancar namun penuh khidmat. Upacara kemerdekaan kali ini juga melibatkan siswa secara daring. Siswa yang diwakili oleh madha Fitrah dari kelas XII menyampaikan orasi Kemerdekaan. Persembahan puisi oleh siswa awalinda perwakilan kelas XI dan penampilan gitar akustik lagu nasional oleh Muhammad azka perwakilan kelas X

Tepat pukul 10.00 pagi WIB seluruh sivitas akademika SMA Pradita Dirgantara juga mengikuti upacara perayaan kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia di Istana negara melalui videotron. Serangkaian acara memperingati hari kemerdekaan RI ke 75 ini ditutup dengan melakukan sesi foto bersama di depan auditorium.

Written by: Humas SMA Pradita Dirgantara

 

Website : sma.praditadirgantara.sch.id

Instagram : @smapraditadirgantara

Facebook : SMA Pradita Dirgantara

Youtube : SMA Pradita Dirgantara

Twitter : @smapradita

 

#SMAPraditaDirgantara

#SMAPDMendunia

#SMAPraditaDirgantaraMendunia