Surakarta –SMA Pradita Dirgantara mengadakan pelatihan Pengembangan dan Pemanfaatan TIK untuk E-Learning pada hari Selasa-rabu, 18-19 Agustus 2020. Kegiatan pelatihan bertajuk “Fasilitasi SDM Terampil Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk E-Learning Fitur Kelas Digital Rumah Belajar di Masa Pandemi Covid-19” ini berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini diikuti para pendidik dan tenaga kependidikan SMA Pradita Dirgantara juga SMA Angkasa yang merupakan sekolah dibawah Yayasan Ardhya Garini. Pelatihan ini merupakan kerjasama Yayasan Ardhya Garini dengan Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) Kemendikbud Republik Indonesia. Narasumber yang dihadirkan berasal dari Pusdatin yaitu Agus Triarso, S.kom.,M.Pd, (Sub Koordinator Perancangan), Arif darmawan, M.Pd., (PTP Pusdatin) dan I made Bhudi Saputra (Analis Pemanfaatan Teknologi).

Pelatihan ini merupakan respon dari adanya pandemi Covid-19 yang disikapi oleh Kemendikbud dengan mengeluarkan kebijakan belajar dari rumah dan pembelajaran secara daring. Kebijakan ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalankan, mengingat masih adanya tantangan kesenjangan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Kesenjangan tersebut diantaranya adalah masih adanya ketimpangan teknologi di setiap daerah dan keterbatasan kompetensi guru dalam memanfaatan TIK sebagai penunjang pembelajaran dan sumber belajar. Oleh karena itu kehadiran TIK dapat berkontribusi besar dalam memberikan perluasan interaksi antara pendidik, peserta didik, dan sumber belajar.

Ketua umum Yasarini ibu Nanny Hadi Tjahyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai insan Pendidikan, harus senantiasa siap menghadapi segala perubahan dan kondisi. Kurikulum ke depan haruslah mengakomodir berbagai kompetensi seperti; berpikir kritis, kemampuan berkolaborasi, kelincahan beradaptasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengakses data dan menganalisis data informasi.  Hal tersebut searah dengan perkembangan zaman dan tajamnya digitalisasi di era 4.0 ini. Beliau juga berpesan agar Guru dan Staf bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik dan serius, sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan mampu melaksanakan pelayanan pendidikan kepada seluruh siswa dengan baik.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini antara lain Kebijakan Pengembangan daring di era kenormalan baru, Jenis-Jenis Aplikasi Kelas Digital dan merancang kelas digital dengan kelas maya. Selain mendapatkan teori, para peserta juga diberi kesempatan untuk melakukan praktek selama mengikuti pelatihan tersebut. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mendapat tambahan ilmu dan ketrampilan dalam mengajar, sehingga mereka mampu mengelola kelas digital dengan baik, menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. (Humas Pradita Dirgantara)

Website : sma.praditadirgantara.sch.id

Instagram : @smapraditadirgantara

Facebook : SMA Pradita Dirgantara

Youtube : SMA Pradita Dirgantara

Twitter : @smapradita

 

#SMAPraditaDirgantara

#SMAPDMendunia

#SMAPraditaDirgantaraMendunia