SMA PRADITA DIRGANTARA (Boyolali)—Jajaran Pengurus Yasarini dengan wakil Ketua umumnya Ibu Inong Fadjar Prasetyo, sekaligus ketua umum PIA Ardhya Garini dan Jajaran pejabat Pradita Dirgantara mendampingi Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. untuk melakukan penandatangan perjanjian kerjasama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tentang Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT). Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. dan Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Selasa (25/8/2020). Selain penandatangan kerja sama, juga dilakukan penandatanganan berita acara penyerahan pesawat AS-202 Bravo LM – 2017.

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. menyampaikan terima kasih kepada UNS atas kerja sama ini. “Kerja sama dengan UNS ini sangat kami butuhkan untuk mengembangkan SDM di TNI AU dan keluarga. Pengembangan SDM adalah satu bidang yang saya utamakan sejak saya menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara. Karena SDM unggul sebagai kunci untuk organisasi TNI AU kedepan. Seberapapun teknologi itu maju, SDM tetap yang utama,” terang Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Untuk itu, dari TNI AU mencari mitra yang bisa diajak bekerja sama untuk meningkatkan SDM. “Kami sangat banggsa bekerja sama dengan UNS. Sebagai ucapan terima kasih, kami serahkan pesawat yang bersejarah bagi TNI AU yaitu pesawat AS-202 Bravo LM – 2017. Selama ini kami dan UNS sudah bekerja sama dengan baik karena telah membantu pengembangan SMA Pradita Dirgantara yang merupakan sekolah unggulan TNI AU dibawah naungan Yayasan Ardhya Garini Pusat yang berlokasi di Boyolali,” imbuhnya.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama antara TNI AU dan UNS ini meliputi banyak hal. Diantaranya penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, kemudian peningkatan dan pengembangan potensi SDM di bidang kedirgantaraan. Serta pengembangan lembaga pendidikan di bawah TNI AU serta Universitas, dan Sekolah Tinggi pada Yayasan di bawah naungan TNI AU. Program pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama di daerah 3T serta implementasi kampus merdeka dan merdeka belajar bersama pangkalan udara TNI AU seluruh Indonesia menjadi poin dalam ruang lingkup kerjasama tersebut.

“Juga meliputi pendampingan akademik bagi sekolah pada yayasan di bawah naungan TNI AU dan penyelenggaraan pendidikan program Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktor (S3) bagi anggota TNI AU. Lalu pelaksanaan program kemitraan pendidikan penerimaan mahasiswa program Sarjana (S1),” ujar Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengucapkan terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., Ketum PIA Ardhya Garini, Ny. Inong Fadjar Prasetyo beserta rombongan yang datang langsung ke UNS untuk melakukan penandatangan kerja sama.

“Dengan kerja sama ini, berarti TNI AU sudah menjadi bagian dari kita,” terang Prof. Jamal.

Melalui perjanjian kerja sama ini mampu mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak guna pelaksanaan Tri Dharma PT. “Tri Dharma PT ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan SDM dengan tujuan agar dapat dijadikan sebagai pedoman kedua belah pihak dalam mengimplementasikan perjanjian kerja sama ini,” ujar Prof. Jamal. (Humas SMA Pradita Dirgantara)

Website : sma.praditadirgantara.sch.id
Instagram : @smapraditadirgantara
Facebook : SMA Pradita Dirgantara
Youtube : SMA Pradita Dirgantara
Twitter : @smapradita

#SMAPraditaDirgantara
#SMAPDMendunia
#SMAPraditaDirgantaraMendunia