• Start : 2018/02/04
  • End : 2018/02/06
  • Speakers: pradita-admin

Pembangunan Karakter (Character Building) Adalah membangun karakter diri yang terdiri dari 2 suku kata yaitu membangun (to build) dan karakter (character) artinya membangun yang mempunyai sifat memperbaiki, membina, mendirikan. Sedangkan karakter adalah tabiat, watak, aklak atau budi pekerti yang membedakan seserang dari yang lain. Dalam konteks pendidikan pengertian Membangun Karekter adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan atau membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak, insan manusia (masyarakat) sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai pancasila.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dikemukakan bahwa upaya membangun karakter akan menggambarkan hal-hal pokok sebagai berikut :

  1. Merupakan suatu proses yang terus menerus dilakukan untuk membentuk, tabiat, watak dan sifat sifat kejiwaan yang berlandaskan kepada semangat pengabdian dan kebersamaan.
  2. Menyempurnakan karakter yang ada untuk terwujudnya karakter yang diharapkan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan.
  3. Membina karakter yang ada sehingga menampilkan karakter yang kondusif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang dilandasi dengan nilai – nilai falsafah bangsa yaitu Pancasila.

Salah satu faktor-faktor yang membangun karakter adalah pendidikan, untuk itu dalam rangka membangun karakter suatu bangsa salah satunya adalah melalui pendidikan karakter, Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki :

  • kekuatan spiritual keagamaan
  • pengendalian diri
  • kepribadian
  • kecerdasan
  • akhlak mulia
  • keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara

Pembentukan Character didapatkan dan di implementasikan melalui :

  • Lingkungan Keluarga ( Home )
  • Lingkungan Kerja Kantor ( Bussines )
  • Lingkungan Sekolah ( School )
  • Lingkungan Kerabat atau Pergaulan ( Community )

Tujuan dari pembangunan karakter ini adalah untuk mengembangkan karakter bangsa agar mampu mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila. Pembangunan karakter ini berfungsi untuk mengembangkan potensi dasar agar berbaik hati, berpikiran baik, dan berperilaku baik, memperbaiki perilaku yang kurang baik dan menguatkan perilaku yang sudah baik, serta menyaring budaya yang kurang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Ruang lingkup pembangunan karakter ini mencakup keluarga, satuan pendidikan, masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah, dunia usaha, dan media massa.

Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan sangatlah penting pembangunan karakter bagi seseorang, maka dari itu Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMA Pradita Dirgantara akan melaksanakan Diklat Pembangunan Karakter selama 3 hari di UNS Inn, terhitung mulai tanggal 4 Februari 2018 sampai dengan 6 Februari 2018, kemudian disetelah Diklat Pembangunan Karakter dilaksanakan Para Tenaga Pendidik (Guru Hebat) SMA Pradita Dirgantara akan melaksanakan Diklat Guru Hebat sampai dengan tanggal 17 Februari 2018. Setelah itu pada tanggal 18 Februari diagendakan untuk berangkat ke Jakarta melaksanakan magang sampai dengan tanggal 2 Maret 2018 di SMA MH thamrin (Cilangkap) dan MAN Insan Cendekia (serpong), kemudian setelah magang disolo juga akan dilaksanakan Magang lanjutan di wilayah Solo selama 3 minggu.

Dengan harapan dilaksanakanya Diklat Pembangunan Karakter dapat membawa perubahan yang lebih baik pada Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMA Pradita Dirgantara, sehingga dalam proses mendidik dan mencerdaskan siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara dapat memberikan pelayanan yang maksimal hingga peserta didik menjadi seseorang yang menjunjung tinggi budaya nasional, menjadi pemimpin bangsa, beriman, cerdas, kreatif, dan mandiri.