Ekstrakulikuler

Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan kurikuler yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. Kegiatan Ekstrakurikuler diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.Kegiatan ekstrakurikuler termasuk dalam kegiatan pengembangan diri. Kegiatan pengembangan diri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan,bakat, dan minat setiap peserta didik yang disesuaikan dengan kondisi sekolah.Pengembangan diri juga dilaksanakan melalui 2 kegiatan yaitu :

  1. Pembentukan karakter Peserta didik
    Pembentukan karakter peserta didik melalui pembiasaan dan lingkungan guna mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa yang dilakukan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan terprogram, dan kegiatan keteladanan.
  2. Pengembangan potensi dan pengekspresian diri
    Pengembangan potensi dan pengekspresian diri di SMA Pradita Dirgantara melalui bidang seni, Olah Raga, Keterampilan, Kelompok Pencinta Mata Pelajaran dan karya tulis. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, tenaga pendidik atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan yang dilaksanakan adalah:
  • Kelompok Seni: Paduan suara, Teater, Tari, Karawitan, Band, Marching Band.
    Siswa wajib memilih salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler kelompok seni maksimal 2 pilihan kegiatan bidang seni.
  • Kelompok Olahraga: Volley Ball, Basket, Sepak Bola, Futsal, Bulutangkis, Catur, Renang, Tenis lapangan, Tenis Meja.
  • Kelompok Bela Diri: Karate, Pencak Silat, Tae Kwon Do
  • Kelompok Sains: Karya Ilmiah Remaja, Aeromodelling, Robotic, Science Olympiad Club.
  • Kelompok Kerohanian : Rohis, Mudika, Kristen, Hindu, Budha
  • Kelompok Bahasa: English Club, Mandarin, Bahasa Arab, Bahasa Jerman
  • Kelompok Kepemimpinan: Pramuka (Saka dirgantara), Paskibra, OSIS, Pecinta Alam, PMR. Kegiatan Saka dirgantara wajib untuk siswa kelas X dan XI.