Kurikulum SMA Pradita Dirgantara menerapkan kurikulum SNP Plus. Sekolah Menengah Atas dengan kurikulum nasional dan mengadaptasi kurikulum internasional yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan global.

Muatan Kurikulum SMA Pradita Dirgantara meliputi Kompetensi Inti dan sejumlah Kompetensi Dasar yang dirumuskan dalam mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar siswa-siswi. “Setiap siswa-siswi pada setiap satuan  pendidikan berhak, antara lain:

(a) mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya; dan

(b) menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan  tidak  menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan”. Penerapan SKS dalam pengelolaan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan  menengah di Indonesia merupakan suatu upaya inovatif untuk menambah kekayaan pengelolaan pembelajaran.

Subjects (Mata Pelajaran)

Character – General skill Development
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Matematika
Sejarah Indonesia
Bahasa Inggris
Art & Co
Seni
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Prakarya dan Kewirausahaan
Ilmu budaya
Math and Science Plus
Matematika / Math
Biologi / Biology
Fisika / Physics
Kimia / Chemistry
Unique
Teknologi Informasi
Kedirgantaraan
Bahasa Inggris
Bahasa Jerman
Bimbingan Konseling

 

Kelompok MIPA Plus; mata pelajaran MIPA dikembangkan berdasarkan kombinasi kurikulum nasional dan internasional dengan pembelajaran bilingual dan mempersiapkan siswa dapat mengikuti ujian masuk perguruan tinggi di luar negeri (contohnya melalui A-Level Exam). Empat mata pelajaran ini dibuat sebagai sebuah series Mapel: misalnya Math 1, Math 2, dan Advance Math.

 

Green school

Dalam kajian pendekatan Green, pembelajaran dikembangkan mulai dari silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan GREEN. Selain dari makna harfiah Green adalah hijau, pembelajaran di SMA Pradita Dirgantara berorientasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Penanaman sikap ramah terhadap lingkungan menjadi pembiasaan baik di lingkungan gedung sekolah maupun di asrama. Sebagai contoh kecil; memisahkan sampah organik dan anorganik, tidak minum air minum kemasan, tetapi memanfaatkan botol minum isi ulang.

 

 

 

Achievement orientation

 

Siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara adalah siswa siswi pilihan yang unggul di pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Sekolah mempunyai target besar untuk membuat siswa siswi berprestasi sesuai bidang minta dan kompetensinya.

  1. Olimpiade sains, matematika, astronomi, computer baik nasional maupun internasional
  2. Kompetisi olahraga nasional
  3. Kompetisi seni