Panglima TNI Mencari Generasi Muda untuk “Mengguncang Dunia”

Panglima TNI Mencari Generasi Muda untuk “Mengguncang Dunia”

PANGLIMA TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengungkapkan keinginannya sejak masih menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI-AU (Danlanud) Adi Soemarmo untuk membangun sekolah menengah atas (SMA) unggulan bertaraf internasional bernama “SMA Pradita Dirgantara”. Dari sekolah itu, Hadiberharap lahir generasi muda yang mampu “mengguncang dunia.”

“Bung Karno pernah mengatakan, berikan saya 10 anak muda berpendidikan tinggi untuk mengguncang dunia. Sekarang, dari SMA Pradita Dirgantara kita mencari orang yang akan mengguncang dunia,” ujarnya di depan para mahasiswa Uiversitas Sebelas Maret (UNS) Solo, sebelum memberikan kuliah umum tentang “Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara” di auditorium Kampus Kentingan, Selasa (20/3/2018).

Menurut Hadi, mimpi besarnya mendirikan sekolah bagi anak-anak dengan tingkat kecerdasan atau IQ 120 – 140, adalah untuk mewujudkan generasi Indonesia emas.
Mimpi besar Panglima TNI mendirikan sekolah bertaraf internasional itu, disampaikan kepada Prof. Dr. Ravik Karsidi, Rektor UNS dan waktu itu merupakan kawan baiknya. Ravik dengan antusias menyambut baik gagasan Hadi untuk mewujudkan mimpi itu FKIP UNS mendukung dengan menyediakan guru-guru berkualitas terbaik.

“Waktu itu saya masih kolonel, sehingga masih sebatas mimpi. Setelah saya menjabat KSAU mimpin itu makin mendekati kenyataan,” kata Hadi yang pernah bercita-cita menjadi akademisi, namun kandas hanya karena anak seorang seorang sersan yang tidak punya biaya kuliah.

Hadi merupakan lulusan AAU tahun 1986, pada 2011 berpindah tugas dari Lanud Adi Soemarmo, namun mimpinya mendirikan sekolah unggulan tidak pernah pupus. Pada 2017, saat menjabat sebagai KSAU, ia menjalin kerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS.

Setelah Hadi dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo pada 2017, dia pun menghubungi Prof. Ravik Karsidi sambil mengatakan, “Prof mimpinya tampaknya mau berhasil. Mari kita lanjutkan.”.

SMA Pradita Dirgantara yang dibangun di atas lahan seluas 6 hektar di utara Lanud Adi Soemarmo, sambung Panglima TNI, akan bisa beroperasi tahun 2018 ini. Dari sekolah unggulan tersebut diharapkan lahir generasi Indonesia emas untuk tampil bukan hanya di tingkat nasional, tetapi juga regional dan internasional.

Editor: Dadang Setiawan
Sumber : http://www.galamedianews.com/nasional/182747/panglima-tni-mencari-generasi-muda-untuk-mengguncang-dunia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.