Sekolah Menengah Atas (SMA) Pradita Dirgantara didirikan dan dirancang sebagai sekolah unggulan yang mempunyai karakter kedirgantaraan, kecendekiawanan, dan menjunjung tinggi keimanan serta kompetitif ditingkat global dengan tetap menjaga nilai-nilai luhur budaya nasional. Berdasarkan karakteristik tersebut, visi dan misi SMA Pradita Dirgantara diuraikan sebagai berikut :

 

VISI

Menjadi lembaga pendidikan menengah yang bereputasi di tingkat internasional dengan tetap menjunjung tinggi budaya nasional untuk menghasilkan kader pemimpin bangsa yang beriman, cerdas, kreatif, mandiri dan berwawasan kedirgantaraan.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dengan berlandaskan penguatan iman dan taqwa.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang berwawasan kedirgantaraan dengan berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional.
  3. Mewujudkan peserta didik yang cerdas, kreatif, dan mandiri melalui proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  4. Menyelenggarakan pendidikan untuk penguatan minat dan bakat khususnya di bidang akademik, kepemimpinan, seni, dan olahraga untuk medorong lahirnya generasi yang mandiri dan berprestasi dalam berbagai bidang kehidupan.
  5. Menciptakan ekosistem sekolah yang kondusif dengan berlandaskan kepedulian, partisipatif, dan pembiasaaan.

 

TUJUAN

Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan lulusan yang berakhlaq mulia dan bermartabat berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional.
  3. Menghasilkan lulusan berilmu, berprestasi dan memiliki keunggulan dalam bidang akademik serta mampu berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Menghasilkan lulusan sebagai calon pemimpin bangsa, yang berkarakter kuat, cerdas, kreatif, dan visioner berciri kedirgantaraan.
  5. Menghasilkan lulusan yang berprestasi dan memiliki keunggulan di bidang seni dan olahraga.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki kepekaan sosial dan berkontribusi dalam memberikan pemikiran dan tindakan nyata.