6 Alumni SMA Pradita Dirgantara Lolos Seleksi Beasiswa LPDP

by Aug 6, 2021

Boyolali – Kabar baik kembali menghampiri SMA Pradita Dirgantara. Hari ini, Jumat, (6/8/2021) tim humas menerima kabar bahwa sejumlah 6 alumni SMA Pradita Dirgantara lolos seleksi beasiswa LPDP.  6 alumni ini adalah angkatan pertama yang lulus pada 4 Mei 2021 lalu dinyatakan lolos seleksi beasiswa LPDP program talenta 2021/2022. Enam alumni yang lolos seleksi beasiswa LPDP ini adalah:

  1. M. Fawwaz Ghazy Hafizh (University of Chicago)
  2. Ardi Syahda (Nanyang Technological University)
  3. Ruben Manueal Sitorus (Nanyang Technological University)
  4. Farhanah Muhammad (Oregon State University)
  5. Hidayah Sulistyo Jati (Universitas Indonesia)
  6. Dheyang Annisa Widayanti (Universitas Gadjah Mada)

Baca juga: Safira, Alumni SMA Pradita Dirgantara Raih Nilai Sempurna UTBK 2021

Kabar baik ini jadi kado luar biasa bagi segenap civitas akademik SMA Pradita Dirgantara. Tahun 2021 jadi tahun paling menggembirakan. Rekor MURI SBMPTN 2021, capaian Catar AAU/AAL, Akpol, dan diterimanya alumni di berbagai universitas luar negeri adalah pencapaian luar biasa tahun 2021.

Untuk kalian yang mau lolos seleksi beasiswa, berikut ini tips dan trik yang diterapkan salah satu siswa SMA Pradita Dirgantara, M. Fawwaz Ghazy, diterima di University of Chicago dengan beasiswa full scholarship:

Tentukan minat dan tujuanmu

Menurut Fawwaz yang sejak kecil kerap menonton film dokumenter Perang Dunia II ini, ia tertarik dengan isu-isu perdamaian dan merasa ingin ambil bagian di dalamnya.

Ia lalu mencari tahu lebih jauh gelar jurusan apa yang dicari untuk menjadi profesi yang diminatinya di situs resmi Kementerian Luar Negeri RI sejak akhir tahun kedua hingga awal tahun ketiga SMA. Di situs tersebut, ia mendapati program studi (prodi) yang cocok dengan minat dan profesi yang disukainya saat itu di antaranya adalah jurusan hukum dan hubungan internasional.

Dari situ, ia memutuskan untuk mengambil prodi hukum di PTN dalam negeri dan prodi hubungan internasional (HI) di luar negeri.

Perhatikan minat dan bakatmu

Menurut Fawwaz, saat berburu beasiswa, ia juga terbantu mengerucutkan minat dan bakatnya ke depan dengan tes psikologi yang diadakan di SMA Pradita Dirgantara. Jika tes ini tidak diadakan di sekolah, bisa mencoba tes minat dan bakat ke Puskesmas yang menyediakan layanan psikolog, atau ke biro psikologi kampus dan biro psikologi independen yang menyelenggarakan tes minat dan bakat.

Cari inspirasi siapa role modelmu

Menurut Fawwaz, ia yakin dengan pilihan jurusan dan profesinya saat mendengar kisah diplomat Perutusan Tetap RI (PTRI) New York Silvany Austin Pasaribu yang viral. Kisah Silvany sempat diberitakan di media pasca menanggapi Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman tentang penanganan pelanggaran HAM di Papua Barat di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), September 2020 lalu.

Tetapkan prioritas, kuliah dalam negeri atau luar negeri?

Untuk memilih kampus tujuan, Fawwaz mengecek peringkat universitas berdasarkan prodi tujuan. Kalian bisa cek universitas terbaik dunia secara umum, sesuai prodi, sesuai lulusan yang paling banyak diterima bekerja, dan berdasarkan indikator lainnya di situs lembaga pemeringkatan seperti QS World University Rankings dan THE World University Rankings.

 

 

Read More 

3 Alumni Lolos Sekolah Kedinasan BPS

3 Alumni Lolos Sekolah Kedinasan BPS

Boyolali - Kabar gembira kembali menghampiri SMA Pradita Dirgantara. Terdapat 3 alumni yang baru-baru ini memberikan informasi melalui tim humas SMA Pradita Dirgantara bahwa mereka diterima di Politeknik Statistika STIS, Jakarta, Kamis, (19/8/2021). Politeknik...

Maura Terbang Mendunia ke Amerika

Maura Terbang Mendunia ke Amerika

Boyolali - Ada hadist yang mengatakan, “tuntutlah ilmu walau ke negeri China,” namun ternyata belajar tidak harus ke China, bukan? Hal inilah yang sebentar lagi akan dijalani siswa kelas XI-A SMA Pradita Dirgantara, Prescyllia Maura Rezqi yang sebentar lagi terbang ke...